Ingin Dirikan Usaha Kreatif? Ikuti 4 Langkah Ini!
Ada 4 langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin mendirikan usaha yang bergerak di industri kreatif.
Demikian ucap M. Arief Budiman selaku Chief Executive Officer PT Petakumpet Creative Network, agensi kreatif yang berhasil meraih 106 penghargaan bidang kreatif tingkat nasional.
Hal serupa juga dinyatakan oleh Mochammad Iqbal, Co-founder dan Creative Director Rekarupa Yogyakarta. âMendirikan usaha secara mandiri juga akan memberikan kepuasan pribadi. Dengannya, pekerja kreatif dapat lebih bebas berkarya di bidang komersial maupun sosial,â ujar Iqbal, sapaan akrabnya. Iqbal yang memulai karirnya sebagai pekerja lepas, memutuskan mendirikan Rekarupa berbekal mindset tersebut.
Meski berbeda angkatan, sebagai sesama alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, keduanya kerap berkolaborasi dalam banyak proyek sejak tahun 2007. Karenanya, mereka memiliki hubungan baik hingga saat ini. Berikut beberapa langkah dari Arief dan Iqbal dalam mendirikan dan menjalankan usahanya di dunia kreatif.
1. Keyakinan
Setiap pekerja kreatif yang ingin mendirikan usaha mandiri, wajib memiliki keyakinan yang tinggi. Menurut Arief, membangun usaha kreatif tidak seindah yang orang bayangkan. âCepat atau lambat, pasti akan ada hambatan. Kalau sudah begitu, pilihannya hanya tiga; berhenti, berbelok, atau jalan terus. Yang mampu bertahanlah yang akan menjadi pemenang,â kata Arief.
Hal tersebut juga turut diamini Iqbal. Dalam mendirikan Rekarupa, keyakinan adalah modal utamanya menghadapi banyak kendala. âKeyakinan itu modal yang tidak akan habis. Berbagai tantangan dapat terlewati dengan modal yakin. Lain dengan modal uang yang dapat habis suatu saat,â ujarnya.
2. Bangun kredibilitas
Menjaga kepercayaan klien penting dilakukan bagi perusahaan yang baru terbentuk. Pada awalnya, Iqbal memperkenalkan Rekarupa melalui proposal kerjasama. Namun karena nihil respons, ia berganti strategi dengan mengenalkan Rekarupa kepada teman-teman kampus dan komunitasnya.
âJustru merekalah yang membuat Rekarupa dapat banyak tawaran proyek. Mulai dari situ, saya dan teman-teman berusaha untuk profesional dan jika klien puas, portofolio perusahaan otomatis terbentuk,â tutur Iqbal yang saat ini juga aktif di komunitas Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) chapter Yogyakarta.
3. Memberi manfaat lebih
Berbekal jargon good is not enough, Arief selalu berusaha memberikan nilai lebih dalam bekerja dan berkarya. âJika mampu memberikan âadded valuesâ bagi klien dan lingkungan, rasa bahagia akan muncul. Sukses pun akan datang sendiri,â kata Arief yang turut dikenal memiliki gerakan âBerbagi Ide Segar 40 Hariâ"40 Kotaâ di Jawa dan Bali.
4. Miliki mentor bisnis
Adanya mentor bisnis berperan penting bagi pola pikir pengusaha baru. Iqbal yang sebelumnya tergabung dalam proyek peluncuran buku Arief di tahun 2007, menjadi lebih mengenal industri dunia kreatif berkat diskusi bersama. Diskusi dan konsultasi ide kepada yang lebih berpengalaman, penting dilakukan bagi kelangsungan usaha Anda. Komunitas adalah tempat tepat untuk mendapat mentor yang sesuai.
Penulis : Nurlina Yustiningrum
Editor : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis : Novandar Dwi
Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/2594-Ingin-Dirikan-Usaha-Kreatif-Ikuti-4-Langkah-Ini
No comments: