Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Jobseeker / workplace, Rabu, 03/07/2013 14:30 WIB

Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Berbaur di lingkungan baru dengan suasana dan orang-orang yang baru memang bukan hal yang mudah. Namun, juga bukan hal yang perlu Anda cemaskan atau takutkan. Anda hanya perlu beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja Anda.
Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru
Berbaur di lingkungan baru dengan suasana dan orang-orang yang baru memang bukan hal yang mudah. Namun, juga bukan hal yang perlu Anda cemaskan atau takutkan. Anda hanya perlu beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja Anda.
Nah, karena kemampuan beradaptasi dan kemampuan berkomunikasi masing-masing orang tidak sama, tidak semua karyawan baru bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dengan cepat.
Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memasuki lingkungan baru, seperti dilansir dari vemale.com. 

1.    Memperkenalkan diri
Hal penting yang harus Anda lakukan adalah memperkenalkan diri Anda. Pastikan Anda mengenalkan diri Anda pada rekan-rekan, atasan dan karyawan lain. Anda tidak perlu berkeliling kantor, namun saat disapa atau menyapa orang lain, pastikan Anda mengenalkan diri Anda.

2.    Bangun komunikasi
Cobalah membangun komunikasi yang baik dengan semua orang, termasuk office boy, satpam maupun atasan Anda. Jangan takut atau malu untuk memulai percakapan dengan seseorang saat istirahat siang. Anda bisa berinisiatif menawari makanan atau minum kopi, atau mungkin mengajak makan siang bersama.

Selain bergaul dan berkomunikasi dengan rekan sedivisi, berbaurlah dengan rekan kerja dari divisi lain. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami lingkungan, sifat, karakter, budaya, dan cara kerja masing-masing orang di kantor baru tersebut.

3.    Pahami dan lakukan tugas dengan baik

Pahami dan lakukan tugas yang diberikan dengan baik. Setiap kali Anda mengalami kesulitan jangan ragu untuk bertanya pada rekan kerja atau atasan. Bertanya pada senior termasuk salah satu cara untuk mengenal lingkungan Anda dengan jelas. Tugas yang Anda selesaikan dengan baik dan tepat waktu akan menambah nilai plus dari atasan.

4.    Berpikir terbuka

Setiap orang tentu punya cara masing-masing dalam menangani sesuatu, terutama pekerjaan. Siapkan diri Anda menghadapi konflik perbedaan ide yang mungkin terjadi. Berpikirlah terbuka terhadap perbedaan tersebut. Jika hasil pekerjaan Anda dievaluasi dan dikritik rekan kerja atau atasan Anda, jangan langsung kesal. Terbukalah terhadap setiap kritik yang membangun, baik dari atasan maupun rekan kerja. Dengan begitu, Anda bisa belajar banyak dari orang-orang di sekeliling Anda.

5.    Berpikir positif
Hal yang tidak kalah penting dan perlu Anda tanamkan kuat-kuat dalam pikiran adalah selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, maka Anda dapat mengatasi semua masalah dan pekerjaan dengan bijak dan tidak terburu-buru. Bahkan, jika Anda berada di lingkungan kerja baru yang negatif, jangan cepat berburuk sangka. Apalagi jika Anda menemukan hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja baru tersebut. Anggap saja semua itu sebagai tantangan dan pembelajaran untuk Anda.

Itulah beberapa hal yang ada baiknya Anda perhatikan supaya bisa bertahan di tempat kerja baru.Be Prepare ya! [CN/IMS/CRTV]^^





Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/1840-Adaptasi-di-Lingkungan-Kerja-Baru


Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru Adaptasi di Lingkungan Kerja Baru Reviewed by dobling on 3:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.