Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja

Jobseeker / workplace, Senin, 23/01/2017 14:05 WIB

Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja

Poin terakhir, jangan sampai kamu sampaikan!
Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja
Sadarkah kamu kalau sedang menjalani interview kerja, setiap hal kecil darimu sangat berpengaruh pada keputusan akhir interviewer? Mulai dari bahasa tubuh sampai jawaban yang kamu lontarkan sangatlah penting.

Satu jawaban yang dirasa kurang pas dengan perusahaan bisa saja berpengaruh untuk proses selanjutnya. Karena sekrusial itulah, setiap jawaban yang kamu sampaikan harus tepat, jujur, dan mampu mengekpresikan potensi yang ada dalam dirimu.

Nah, tentu pernah kan menjumpai pertanyaan “Apakah kamu siap ditempatkan di cabang perusahaan mana pun?” atau “Siapkah kamu menghadapi relokasi tempat kerja kapan pun perusahaan menginginkan?” Lalu, apa jawaban yang kamu sampaikan?

Dilansir dari theundercoverrecruiter.com, ada beberapa respon yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjawab pertanyaan tersebut.


1. “Ya, tentu saja saya siap menghadapi penempatan kerja!”

Jawaban tersebut bisa kamu gunakan jika kamu memang mantap dan bisa untuk menerima penempatan kerja di mana saja sesuai kebutuhan perusahaan. Apalagi jika kamu masih muda dan belum berkeluarga, tentu berada di wilayah kerja baru bukan jadi soal karena akan sangat membantumu mengembangkan diri.


2. Jika harus menjawab “mungkin”

Menerima penempatan kerja di luar domisili kamu selama ini memang bukan perkara ringan. Akan ada banyak pertanyaan dan pertimbangan. Perasaan ragu-ragu ini wajar tapi memang harus disikapi secara profesional.

Kamu bisa memulainya dengan menyampaikan apresiasi positifmu pada lokasi kerjamu saat ini. Sampaikan bahwa kamu sangat senang berada di sini. Namun jika memang relokasi adalah keputusan terbaik untuk karirmu, sampaikan bahwa kamu akan mempertimbangkannya.


3. Meski ragu, tetap sampaikan antusiasme

Kejujuran adalah salah satu kunci penting dalam wawancara kerja. Ragu-ragu boleh saja. Namun menyampaikan jawaban profesional dan menunjukkan minat juga sebuah keharusan.

Jika masih ragu dengan penempatan kerja yang akan kamu hadapi, kamu bisa memulainya dengan menyampaikan terima kasih dan antusiasmemu dengan tawaran tersebut. Sampaikan bahwa mungkin kamu memang pas untuk tempat yang baru tersebut dan kamu tertarik untuk berada di sana. Namun sampaikan juga keputusanmu untuk pindah nantinya akan tetap memperhatikan pada kondisi saat itu.


4. Saat harus bilang tidak

Terkadang penempatan kerja baru bukanlah sebuah opsi, apalagi jika kamu memang punya alasan untuk tetap tinggal di kota domisilimu. Kamu bisa menyampaikan keputusanmu itu dengan tetap menegaskan rasa terima kasih atas tawaran perusahaan untuk mengembangkan karirmu bersama mereka. Kamu juga perlu menyampaikan keinginanmu untuk tetap berkembang bersama perusahaan.


5. Hindari pernyataan ini saat kamu tidak bersedia menerima penempatan kerja baru

Saat kamu harus berkata tidak pada penempatan kerja, ada beberapa pernyataan yang sebaiknya tidak kamu sampaikan.

  • Apakah perusahaan mau membayar saya lebih untuk penempatan ini?
  • Jika saya bersedia, di mana perusahaan akan menempatkan saya?
  • Saya benar-benar tidak mau pindah dari lokasi sekarang
  • Semua tergantung pada apa yang ditawarkan oleh perusahaan


Setiap poin di atas adalah sebuah referensi. Untuk proses interview selanjutnya, kamu perlu menggunakan bahasamu sendiri, ya. Ada sebuah pepatah tentang interview kerja, “It is not necessarily what you say but how you say it that is more important.” Semoga sukses!



Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Muhammad Rizal




Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/4245-Ini-Jawaban-yang-Bisa-Kamu-Berikan-Saat-Ditanya-Soal-Penempatan-Kerja


Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja Reviewed by dobling on 3:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.