Buat Adaptasi Kerja Anda Lebih Mudah!

Jobseeker / workplace, Kamis, 22/12/2011 15:19 WIB

Buat Adaptasi Kerja Anda Lebih Mudah!

Mendapatkan pekerjaan baru memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Dengan pekerjaan baru akan ada pula tempat dan tanggung jawab baru bagi Anda.
Buat Adaptasi Kerja Anda Lebih Mudah!
Mendapatkan pekerjaan baru memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Dengan pekerjaan baru akan ada pula tempat dan tanggung jawab baru bagi Anda.
Adaptasi kerja memang bukan perkara sepele. Banyak yang harus Anda kenal dan pelajari. Tak jarang, Anda mungkin harus bernegosiasi pada nilai-nilai yang mungkin berseberangan dengan prinsip Anda.
 
Lantas, apa kemudian kita tidak mengambil kesempatan tersebut? Tentu tidak. Jadikan momen adaptasi sebagai langkah awal bagi Anda untuk mendapatkan tempat atau bahkan karir yang lebih baik bagi masa depan Anda.   
 
Berikut beberapa tips tentang bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru yang bisa Anda jadikan referensi.
 
  • Kenali budaya dan struktur organisasi perusahaan Anda
Dengan mempelajari bagaimana nilai-nilai yang diterapkan oleh perusahaan akan semakin memudahkan Anda melakukan pekerjaan. Keuntungan lain, akan semakin kecil pula kemungkinan Anda melakukan kesalahan. “Misalnya, bos kita low profile, karena ketidaktahuan kemudian justru kita menganggapnya selevel atau bahkan ada di bawah kita,” jelas Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli Bagian SDM dan HR Service ECC UGM. 
 
  • Bangun relasi dengan lingkungan sosial
Memiliki relasi yang baik dengan rekan kerja juga dapat mendukung kelancaran kerja Anda. Anda memiliki tempat untuk bertanya, baik tentang budaya kerja maupun pekerjaan Anda. Hal penting ketika menjalin relasi sosial adalah bagaimana Anda bisa memahami perbedaan karakter dari masing-masing orang. “Jika mereka tipe orang yang sangat menghormati atasan atau gak ceplas ceplos, ya dipelajari,” tutur Danang, HRD PT Adhimix Precast Indonesia. Pelajari bagaimana komunikasi, budaya, serta latar belakang mereka. “First impression menentukan apakah Anda nanti bisa survive atau tidak,” tegas Sri Muliati Abdullah. Bersikaplah terbuka dan siap menerima saran ataupun kritik.
 
  • “Jangan malu bertanya” (Ita Kustina, People Management-Outsourcing Operation PT AGIT)
Pernahkah Anda mendengar peribahasa “malu bertanya sesat di jalan”? Sekiranya peribahasa tersebut berlaku di sini. Anda tidak ingin bukan hanya karena malu bertanya pada rekan kerja, Anda salah masuk ruangan si bos.
Sri Muliati Abdullah membenarkan hal tersebut. “Carilah tahu, karena apa yang menurut Anda benar belum tentu berlaku demikian di tempat kerja Anda,” ujarnya.
 
  • Pahami pekerjaan Anda
Ada baiknya sebelum masuk kerja, Anda telah memiliki pengetahuan terlebih dahulu tentang jobdesc yang dilakukan untuk posisi sejenis. Sehingga pada saatnya masuk kerja, Anda tidak kaget dengan pekerjaan yang mungkin Anda terima di kantor. “Tahu harapan kerja dan target yg diharapkan,” tutur Ita Kustina.
 
Sri Muliati Abdullah menambahkan selain tahu apa yang menjadi tugas serta standar pencapaiannya, Anda juga harus paham bagaimana proses kerjanya. Anda pasti akan berhubungan dengan beberapa divisi dalam perusahaan Anda. Nah, hal ini juga harus Anda ketahui. “Dengan posisi mana saja dia bekerja, dia harus tahu,” imbuhnya.
 
  • Mau belajar
Sikap ini akan membuat Anda tidak canggung bertanya kepada siapa pun tentang hal-hal yang belum Anda mengerti. Rasa mau belajar biasanya diawali dari rasa ingin tahu. “Tapi jangan terus ngrepotin juga, kalau sebuah hal bisa dicari sendiri sebaiknya dicari sendiri daripada sering-sering bertanya,” tutur Sri Muliati Abdullah.
 
  • Cintai apa yang Anda lakukan
“Justru yang terpenting itu sebelum masuk kerja, harus tahu pekerjaan yang disukai,” ujar Tubagus Faisal, Director Sales & Marketing Toshiba Asia Pasific Pte. Ltd. Nah, kalau sudah begini semua akan kembali pada passion kerja. Passion sangat penting bagi Anda, khususnya ketika Anda mengalami tekanan kerja. Dengan melakukan pekerjaan yang sesuai passion, Anda akan tetap bersemangat menyelesaikan pekerjaan meski ada dalam tekanan.
 
  • Bersikap profesional
Saat bekerja Anda harus bisa membedakan antara masalah personal dan hubungan kerja. Demikian apa yang disampaikan Sri Muliati Abdullah. Sebagai orang yang baru saja masuk bekerja jangan sampai Anda terlihat sebagai orang yang tidak profesional. 
 
Siap memasuki dunia baru Anda? (RT/CN)

Sumber foto: http://www.classociates.org.uk/how-to-build-trust-in-your-workplace/
 


Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/1141-Buat-Adaptasi-Kerja-Anda-Lebih-Mudah


Buat Adaptasi Kerja Anda Lebih Mudah! Buat Adaptasi Kerja Anda Lebih Mudah! Reviewed by dobling on 2:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.