Hai Karyawan Baru, Bangun Chemistry Bersama Rekan Kerja dengan 4 Langkah Berikut
Cuma kamu orang baru di kantor. Jadi, kamu pun harus berusaha âmasukâ dan berinteraksi dengan rekan kerja lain. Namun semuanya tak semenakutkan itu, kok!Ingat, dunia kerja adalah dunia yang menekankan teamwork sehingga iklim bekerja akan sangat menentukan performa kerja. Satu faktor yang akan sangat berperan terhadap terciptanya iklim kerja yang kondusif adalah terbangunnya hubungan baik dengan sesama rekan kerja. Untuk pegawai baru, hubungan itu harus dibangun sejak awal, salah satunya dengan membangun chemistry.
Galuh Setia Winahyu, M.Psi., dari tim People Development ECC UGM, memaparkan tips sederhana untuk menciptakan chemistry dengan rekan kerja agar lingkungan kerja semakin kondusif. Simak terus ya!
1. Tonjolkan karakter low profile
Galuh mengungkapkan, pantang bagi karyawan baru untuk merasa dirinya paling expert, tidak peduli sebagus apapun latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. âKita harus memosisikan diri bukan sebagai expert yang kemudian masuk tetapi kita ingin mengenal orang-orang yang ada di sana agar bisa bekerja sama dengan baik,â ungkapnya. Cara yang paling sederhana untuk menjadi low profile adalah dengan memperkenalkan diri, tersenyum, dan menyapa terlebih dahulu.
2. Ciptakan kesan pertama yang baik dengan hemat bicara
Seperti dilansir wolipop.detik.com, pendiri situs Firstimpression.com mengungkapkan bahwa untuk menciptakan kesan pertama yang baik, seseorang harus hemat bicara. Kecenderungannya, tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan menyampaikan informasi tak berujung di pertemuan pertama. Mereka menyalahartikan konsep membangun keakraban dengan cara melakukan self-disclosure pada pertemuan pertama. Alih-alih merasa dekat, mereka bisa saja tidak tertarik dengan apa yang kita bicarakan karena itu bukan urusan mereka.
3. Mengobrol di momen dan waktu yang tepat
Setelah memiliki teman untuk mengobrol, kita juga harus mampu menggunakan waktu yang tepat, kapan saatnya membangun hubungan lewat obrolan. Ingat, obrolan dengan topik tertentu akan berkualitas ketika disampaikan pada waktu yang tepat dan menjadi tidak berkualitas ketika disampaikan pada saat yang lain.
âPada saat jam kerja, kita ngobrol tentang pekerjaan, bertanya tentang apapun terkait pekerjaan, asalkan tidak menganggu aktivitas mereka,â saran Galuh. Demikian juga saat istirahat makan siang, kita bisa membangun hubungan yang lebih personal dengan rekan kerja, misalnya dengan bertanya tentang alamat rumah, keluarga, hobi, dan sebagainya.
4. Tekankan sikap empati dan toleransi
Setelah kita memiliki kelompok pertemanan dalam dunia pekerjaan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan sikap empati dan toleransi. Sikap empati akan membuat kita tahu bagaimana memosisikan diri, pada saat rekan kerja merasa sedih atau senang. Sikap tersebut bisa dibangun lewat percakapan-percapakan yang bersifat lebih personal sehingga kita bisa tahu apa yang sedang rekan kerja kita alami. Langkah paling simpel untuk memulainya adalah berperan menjadi seorang pendengar yang baik.
Proses membangun hubungan bukan proses instan yang bisa dilakukan sekali jadi sehingga tips-tips di atas harus diaplikasikan secara berkesinambungan. Tanamkan juga dalam dirimu, bahwa kamu bisa tampil optimal sejak hari pertama bekerja sehingga bisa lolos melewati masa percobaan. Selamat menjadi karyawan baru! [CN]
Penulis : Grattiana Timur
Editor : Rifki Amelia F.
Grafis : Hero Oka
Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/3286-Hai-Karyawan-Baru-Bangun-Chemistry-Bersama-Rekan-Kerja-dengan-4-Langkah-Berikut
No comments: