Menghadapi Stres dalam Dunia Kerja
Dalam dunia kerja, biasanya kamu akan menemukan banyak hal baru yang memperkaya diri, baik dari segi pengalaman, ilmu, hubungan atau relasi dengan kerabat, serta pastinya finansial.Kendala yang dihadapi bisa membuat tekanan dalam diri memuncak sehingga menimbulkan perasaan-perasaan yang mengganggu serta menambah beban pikiran. Situasi seperti inilah yang sering disebut dengan stres kerja. Stres kerja adalah salah satu konsekuensi yang akan kita semua alami ketika berkecimpung di dunia kerja. Di sini, kita akan dituntut untuk menjadi karyawan tanpa celah kesalahan. Padahal jika dilihat secara lebih dalam, manusia bukanlah makhluk sempurna yang pastinya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, termasuk ketika sedang bekerja.
Terkadang tekanan untuk menjadi sempurna di mata si bos maupun relasi bisa menimbulkan stres yang akan membebani diri. Selain itu, minimnya penghasilan yang didapat serta jam kerja yang tidak menentu pastinya membuat tingkat stres kita semakin tinggi, di samping beberapa penyebab stres lainnya di kantor.
Tekanan yang datang dari segala penjuru akan mengajarkan kita bagaimana menghadapi suatu masalah. Jika kita dapat melaluinya dengan baik, nilai plus akan akan menjadi milik kita. Pastinya kita akan menjadi pekerja yang dapat diandalkan, baik di mata atasan maupun rekan satu tim.
Mengingat sulitnya menghindari stres saat bekerja, ada baiknya kamu mengikuti beberapa langkah berikut untuk mengurangi tingkat stres di kantor:
1. Membuat daftar prioritas
Dari banyaknya masalah yang dihadapi setiap hari, mulai dari kemacetan di jalan saat berangkat ke lokasi kerja, hingga menghadapi tanggapan dari atasan yang kurang menyenangkan, kamu harus memilih beban mana yang menurutmu paling dapat dikurangi dalam jangka waktu dekat. Misalkan berangkat lebih pagi agar tidak terkena macet sehingga stres kamu akan berkurang satu persatu.
2. Speak up
Berubah untuk menjadi lebih baik sangat disarankan oleh manajemen kantor. Salah satu langkah untuk mengurangi tingkat stres melalui perubahaan adalah mencoba berani bicara dan mengeluarkan pendapat. Cobalah mencari hal yang menurut kamu paling mengganggu pikiran saat bekerja, contohnya income atau pemasukan yang dirasa kurang karena tidak sebanding dengan apa yang sudah kamu kerjakan. Cobalah berani mengungkapkan langsung kepada atasan atau HRD mengenai hal tersebut.
3. Lapang dada
Segala beban akan terasa lebih ringan jika kita bisa berusaha berlapang dada. Cobalah melihat stres dari perspektif lain. Sebenarnya banyaknya masalah yang kita hadapi secara bersamaan, tidak selalu berarti buruk. Setiap masalah yang datang pasti memiliki jalan keluarnya masing-masing. Banyaknya tekanan dan masalah yang menghampiri akan membantu proses pendewasaan dalam berpikir.
Dengan begitu, nantinya kita akan mampu menghadapi masalah lain, dan secara tidak langsung dapat membawa kita ke level posisi selanjutnya. Nikmati segala tekanan dengan mengalihkan pikiran sejenak ke hal lain, seperti membahas hal lucu dengan rekan kerja, browsing hal menarik di internet, atau bermain games sehingga kita dapat kembali bekerja dengan lebih bersemangat.
Artikel ini disajikan oleh Career Builder Indonesia.
Grafis : Hero Oka
Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/3506-Menghadapi-Stres-dalam-Dunia-Kerja
No comments: